Senin, 27 Mei 2013


Review Teori Organisasi Umum

Berdasarkan diskusi pada tanggal 9 April 2013 mengenai Karakteristik Jenis Pasar, pertama saya akan membahas pengertian, jenis-jenis dan macam-macam pasar, berikut adalah pembahasannya.

Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.

Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Jenis-Jenis Pasar                                            
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).

Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.

Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  •     Pasar Lokal
  •     Pasar Daerah
  •     Pasar Nasional dan
  •     Pasar Internasional
Pengertian dan Macam-macam Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya.
Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat macam yaitu pasar persaingan sempurna,pasar persaingan tidak sempurna, monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.

 a. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.

b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli. Pada pasar ini penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjualbelikan jenisnya heterogen (berbagai jenis barang). Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa bentuk pasar.

c. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
  
d. Pasar Persaingan Monopolistis
Pasar persaingan monopolistis adalah pasar dengan banyak penjual yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Pasar ini banyak dijumpai pada sektor jasa dan perdagangan eceran. Misalnya jasa salon, angkutan, toko obat/apotik, dan toko kelontong.

e. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga. Contoh:
perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen. 

Dari diskusi yang dilakukan, penjelasan mengenai Karakteristik Jenis Pasar sudah cukup jelas dan dapat dimengerti , terutama ketika anggota kelompok menjelaskan tentang Jenis-Jenis Pasar, akan tetapi masih terdapat kekurangan ketika menjelaskan tentang Macam-Macam Pasar, karena ada beberapa penjelasan yang tidak disertai contoh. Masih membahas tentang Karakteristik Jenis Pasar, secara keseluruhan pembahasan materi dan diskusi dari kelompok 2 ini berjalan dengan baik dan presentasinya cukup memuaskan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar